Monday, December 28, 2009

Tambahan H+7

Biar tambah seru, ini gw coba juga tulis ettape/section yg sama dgn yg Ossy tulis tapi dari versi sudut pandang gw ya......
o ya, sebelum sampe di basecamp hari ke 7 tsb, ada sedikit tambahan dari gw yaitu: yg rombongan tertinggal dari kota Nanga Pinoh itu ada 8 mobil yaitu Ossy, eggy, ceri, hendro PJB, amak, totok kutulumpur, bambang bintang hore, Ford ranger PJB. Ford ranger memisahkan diri ambil jalan lambung langsung ke Tumbang Samba.
7 mobil, sesuai ceria Ossy akhirnya bisa ngejar rombongan utama yg baru aja akan bergerak pagi itu dari basecamp mereka dipinggir jalan logging. Dari basecamp tsb, kita melalui jalan logging tsb, dan akhirnya kita belok kanan off dari jalan logging tsb memasuki jalan single trek. Inilah jalan yg dulu diambil oleh Camel trophy th 96 dan katanya tidak bisa tembus.
Obstacle 1 adalah jembatan yg udah ketutup longsoran tanah. Disitu agak lama karena Pak Anton Pontianak kejeblos sebuah lubang pas ditengah2 jembatan tsb. sebenernya gak terlalu sulit melewati jembatan tsb, tapi karena mobil Pak Anton kelebihan power, jadi waktu di ngegas mobil agak loncat dan terperosok ke lubang. Untuk rescue pak anton cukup memakan waktu karena 2 roda kanannya gantung di balok kayu jembatan dan seling PTOnya sampe putus. Tapi untung mobil pak anton mempunyai 2 winch depan, yaitu PTO dan winch setan yg terbuat dari sebuah gardan. Setelah pak anton bisa di rescue, kita semua melewati jembatan tsb tanpa halangan.
Obstacle 2 adalah, sedikit mud bogger dan diteruskan belok turun ke sungai dan diujung sungai untuk naiknya berupa tanjakan cukup lumayan curam. Pada waktu gw sampe disana, kita musti ngantri menunggu mobil2 didepan naik tanjakan tsb. Masing2 pada pake winch double lines dan dibantu winch juga dari mobil didepannya yg udah naik tanjakan tsb. Rombongan kitapun semua bisa naik juga, bahkan Jimny gw bisa naik sendiri dgn single line.
Trek berlanjut dgn single trek dan mulai tertutup semak2 dgn beberapa jalur miring negative... Ada obstacle yg lumayan sulit berupa jembatan dgn lubang yg mobil rata2 (kecuali Jimny) pasti salah satu sisi bannya pasti kejeblos..... jadi ya kita jeblosin aja dan dicantol winch mobil depannya. Denger2 Yuma dgn Ford Rangernya memakan waktu lebih dari 1/2 jam untuk melewati jembatan tsb, karena mobil yg didepannya "lupa" menunggu dia..... (maklum beberapa VIP emang suka lupa kalo mereka juga kebagian tugas membantu mobil yg lain hehehehehe)
Setelah jembatan tsb, kita sampe di basecamp yg menurut cerita Ossy sesuai dgn rencana panitia..
Nah sekarang gw lanjutin dengan sesuai section/ettape cerita Ossy ya....
Sebelum WP (way point) 295 (bukan 285 Os) ada 1 obstacle yg kita jalani dengan mulut menyonyoh... (inget gak knapa mulut kita menyonyoh Os?) Yaitu turun ke sungai, terus harus belok kiri disungai dan harus belok kanan naik disisi seberang sungai, untuk naiknya harus ngewinch cukup curam..... Kembali, mobil2 gede didepan rata2 harus double lines + dibantu juga double lines dari mobil diatasnya..... Kembali lagi disini, Jimny bis anaik sendiri dgn single linenya......
Nah setelah obstacle tsb, baru kita sampe di WP 295 (obstacle dimana merontokkan CJ Ossy dan Pak amak) Obstacle ini diawali dgn mud bogger melengkung kekiri sepanjang 50m ala lumpur Subang yg lengket bgt. Diujung mud bogger tsb langsung disambung dgn kolam lumpur sedalam ban Simex 35 (Jimny gw sampe basah jok nya) Selepas kolam lumpur, langsung harus ngewinch tanjakan terjal lagi (kira2 sktr 45 deg sepanjang 20m) dan ditengah2 tanjakan tsb kita harus pindah winching point karena tanjakan belok kekiri..... Mobil2 gede kembali lagi harus double lines + double lines dari mobil didepannya. dan kembali lagi disini Jimny gw bisa lolos sendiri dgn single line. Kemudian CRQ Ceri dgn double lines + gw bantu single line dari atas. Nah setelah gw dan Ceri diatas, giliran Ossy naik. Tiba2 gw denger di radio bahwa dia minta bantuan winch dari atas. Gw dan Ceri berusaha bantu tapi ternyata Ossy bukan sekedar minta bantuan winch dari atas, tapi mesin dan winch dia mati dan minta sepenuhnya ditarik oleh winch gw dan ceri dari atas. Tapi Jimny dan CRQ yg malah ketarik kebawah pada waktu narik CJ Ossy yg kepater dilumpur/tanjakan. Kita stop dulu dan berusaha cari anchor dibelakang mobil2 kita. Setelah buntut kita masing2 diiket ke pohon, akhirnya mobil Ossy bisa ditarik keatas. Di radio gw denger suara dia sedih banget dan pasrah dgn bantuan gw dan Ceri...... hik hik hik..... ternyata ya itu yg Ossy cerita bahwa kopling selip + mesin overheat + winch gak fungsi..... Setelah mobil Ossy di parkir ditempat yg aman, kini giliran CJ Pak Amak.... Eh ternyata sama persis dgn Ossy, tiba2 keneknya Pak Amak si engkos, minta bantuan juga untuk ditarik keatas oleh gw dan Ceri, dan ternyata sama juga dgn Ossy, kopling selip + mesin overheat..... Nah dalam usaha narik CJ pak Amak inilah, pohon anchor di belakang kita tumbang..... untung gak niban salah satu dari kita......
Seperti cerita Ossy, usaha malem itu dihentikan, dan terpaksa Pak Amak tidur didalem mobil dgn posisi digantung di tanjakan......
Besok paginya, mobil2 dibelakang Pak Amak, mencari jalur disisi lain.... dan berhasil.... Setelah dapet bantuan FJ pak Anton Pontianak yg pake winch setan, akhrinya CJ Pak Amak berhasil diangkat keatas.....
Karena Ossy dan Pak Amak harus repair mobilnya dulu, maka gw, Tinus, Budi BR, Pak Acay nemenin Ossy dan pak Amak di situ, dan mobil2 lainnya eneruskan perjalanan..... Pak hendro PJB yg tadinya juga mau tunggu nemenin Pak Amak terpaksa jalan karena tangki bensinnya bocor dan mending buru2 jalan sebelum bensinnya terbuang nganggur. Hari itu praktis kita gak bergerak kemana2. Seharian dihabiskan untuk repair... Bener sesuai ceria Ossy, hari itu merupakan siksaan buat kita semua, terutama kenek/montir Ossy dan Pak Amak, karena mereka harus repair dlam keadaan panas kathulistiwa yg luar biasa + serbuan tawon2 dan serangga lain2nya.....
Akhirnya sampe udah gelap baru ke 2 CJ kelar di repair. dan kia bisa meneruskan perjalanan yg ternyata hanya berjarak sekitar 1,6km kita sudah harus stop lagi karena sudah ditunggu obstacle berikutnya (WP 298) Diseberang sungai/obstacle tsb masih ada 3 mobil yg camping disana (rombongan utama sudah jalan kedepan lagi). Ke 3 mobil tsb Ceri, Pak Totok dan Pak bambang memang ditugaskan tunggu rombongan kita karena siapa tau kita butuh bantuan dari mobil yg didepan untuk melewati obstacle WP 298 tsb.
Malem itu gw mmakan nebeng nasi dari Budi BR.... hehehehe lumayan.... setelah beberapa hari sebelumnya hanya makan makanan typical offroader yaitu supermie.. (maklum Jimny gak bisa bawa perlengkapan banyak2, jadi hanya modal supermie+corned+sosis+buah kaleng) Ossy malam itu keliatan kurang bersemangat, kayaknya dia takut dan agak trauma dgn kubangan lumpur yg merontokkan CJ dia di WP295.... dan kita udah tau bahwa WP 298 tsb juga harus akan melewati kubangan lumpur......
Besok paginya, kita seolah2 merasa harus buru2 (mungkin karena kita merasa harus mengejar rombongan pak syamsir yg udah didepan) Yg parkir paling depan yaitu pak hendro, tapi gak tau kenapa jadinya gw yg disuruh nyemplung duluan ke obstacle WP 298 tsb.... Obstacle tsb berupa turunan ke sungai diantara pohon2an yg menyebabkan mobil kita akan nyender2 di beberapa pohon2 tsb.... Untung mobil gw pake rollbar diluar (rollcage) jadi nyender gak masalah. Setelah nyender2 pohon, kita turun nyemplung kubangan mud bogger sepanjang kira2 30m dgn kedaleman sktr ban 32 jimny gw.... Sebelum nyemplung, seling winch gw udh dikaitkan ke winching point seberang kubangan tsb. Gw nyemplung mud bogger tsb dgn cara kombinasi antara winch dan bantu mesin. Karena Jimny, jadi proses nyebrang kubangan tsb berlangsung lumayan cepet.... naik dari kubangan, kita musti turn lagi ke sungai cabang ke 2, dan kemudian naik sungai tsb dgn winch juga....
setelah gw adalah Pak hendro, diujung tanjakan gw bantu tarik pak hendro dgn winch juga.... Setelah pak hendro, baru Ossy.... dan ternyata dia ok berhasil dgn baik melewatinya..... Gw gak terlalu perhatiin apakh Ossy mobilnya ok atau enggak, karena gw harus sibuk banu Pak Amak yg dibelakang Ossy. CJ Pak Amak kembali mati mesin ditengah2 kubangan tsb..... Diatas gw dan pak hendro berusaha narik CJ dia, tapi gak kuat karena posisi kita agak serong dari posisi Pak Amak sehingga gak bisa ngewinch straight line..... Kalo gak salah juga CRQ pak hendro accu nya soak dan agak overheat, jadi praktis hanya gw senidiri yg berusaha narik.... Akhirnya (mungkin karena denger dari radio) pak syamsir jalan balik ke WP 298 tsb dan bantu rescur pak Amak. Nah disini gw belajar memakai winch dgn lebih efektif yaitu dibuat beberapa lines bolak balik pohon2 disekitar situ..... Akhirnya dengan winch gw dan pak syamsir (dgn syste beberapa lines) kita berhasil narik keluar CJ Pak Amak..... Sambil nunggu Ossy semprot2 kopling dan kenek pak amak repair lagi mobilnya, gw liat Pak Amak masak nasi dan dia ngeluarin ikan asin!!! dalem hati gw bertanya2 bukannya ikan asin merupakan salah satu pantangan untuk dibawa ke hutan kalimanatan??
dari WP 298, obstacle berikutnya adalah WP 300. Kita harus turun ke sungai dan lagi2 harus melewati kubangan mud bogger.... yg ini dalemnya gw liat CRQnya pak hendro kira2 sampe handle pintunya kelelep...... Tapi yg seperti Ossy cerita bahwa ada 3 pilihan kubangan disitu.... yg paling dalem yg pak hendro lewat itu setelah naik dari kubangan langsung harus nanjak curam.... sedangkan yg gak terlalu dalem disebelah kiri, tapi setelah naik kubangan tsb gak bis alangsung nanjak tanjakan tapi harus belok patah kanan dan kiri dulu untuk bisa pas ke tanjakan tsb. Disebelah kiri kubangan ke 2 ini, ada pilihan kubangan lagi yg lebih cetek lagi, tapi ya itu harus belok2 dulu ngepasin posisi untuk tanjakan.... bahkan gw liat jimny pak totok (dia ambil kubangan yg paling kiri) harus pake winch untuk mendapatkan posisi yg pas untuk nanjaknya... setelah itu dia ngewinch ditanjakan tsb, tapi gak tau kenapa dia banyak main kopling sampe2 koplingnya hangus!! Karena males berkubang lagi, gw juga pilih yg paling kiri, eh ternyata proses belok2 reposisi gw sangatlah mudah bahkan jimny gw bisa langsung nanjak tanjakan itu tanpa winch (sampe 1/4 tanjakan aja lho hehhehehee, abis itu ya disambung winch)
Setelah diatas, gw jadi winching point mobil2 selanjutnya (tentunya mobil gw diiket ke mobil pak totok yg didepan gw dan dia diiket ke mobil pak bambang yg didepannya lagi) setelah toyota tinus naik, gantian gw dan tinus yg jadi winching point, sedangkan pak totok yg duh lumpuh kopling terbakar ditarik pak bambang dan pak hendro ke depan cari tempat yg rata untuk repair ganti plat kopling jimnynya.....
Setelah itu Landy2 Budi BR dan Acay bisa naik dgn winch masing2. Tapi setelah mereka, CJ Pak Amak bermasalah dan harus ditarik dari atas.....
Selagi gw berhenti bersama pak bambang nemenin pak totok ganti kopling, kita disalib oleh Tinus, Budi BR, Acay Ossy dan Pak Amak yg ditarik tidak berdaya.
Kira2 sampe jam 12 malem baru gw sampe di desa Tumbang Mahop, dimana rombongan Tinus udah pada tidur..... Besok pagi dari desa tsb mobil kita harus akan nyebrang sungai naik perahu satu persatu (2 perahu diiket jadi satu)
Sedangkan rombongan Pak Syamsir katanya udh jalan dan nyebrang sungai dari tadi siang.
Pada posisi itu kebanyakan dari kita sudah hampair kehabisan bahan bakar dan air minum.
ok sekian dulu ettap ini ya......