Monday, December 28, 2009

14 Desember 2009, H+8

Hari ke-8
Pagi  hari, saat bangun, teman2 di belakang akhirnya menemukan jalan menyeberang yg jauuuh lebih aman dan cepat. Mereka membuat jalur lain tersebut, satu demi satu menyeberang tanpa masalah .... Kendaraan Pak haji Amak akhirnya berhasil dinaikan dgn bantuan kendaraan teman2 yg berhasil menyeberang ..... Langsung diperbaiki, dimana kopling haji amak bisa difungsikan lagi setelah disemprot air untuk membersihkan lumpurnya begitu juga dengan winch-nya ....

Sebagian kendaraan teman2 yaitu Pak Tinus, Pak  Budi BR LRCI, dan Acai Landy dari Pontianak, sangat baik hati menemani saya dan pak Amak yg msh memperbaiki kendaraan .... Mesin solar mereka terpasang terus menghindar dari serangan lebah ....

Kendaraan saya masalahnya lebih berat. Upaya membersihkan kopling dgn semprotan air gagal, kopling tetap tdk berfungsi, sehingga harus turun kopling dan ganti matahari dan deglagher .... Dadan terlihat kesulitan bekerja sendirian karena teriknya matahari serta serangan lebah dan serangga yg buas sekali .... Mental Dadan down habis dan jadi frustasi akibat tawon2 itu yg sangat menghambat kerjanya di kolong jeep ....

Saat tengah hari upaya mengganti berlangsung dibantu oleh Jimmy yg baik hati .... Sampai sore, menjelang magrib Dadan masih bekerja sendiri memasang kembali ... Pekerjaan berlangsung sangat lambat akibat serangan2 tawon2 itu ....

Menjelang magrib, Pak Budi BR LRCI mendatangi Dadan menanyakan bisa dibantu atau tidak agar rombongan belakang ini bisa berangkat sebelum terlalu malam .... Akhirnya kita dibantu memasang tongkat persnelling, dek, dan memperbaiki extra fan yg macet .... Ade (driver Tinus) juga bantu gantiin solenoid winch yg jebol.

Akhirnya pekerjaan lebih cepat selesai karena bantuan Pak Budi BR, Bekti (crew acay), dan Mihad (crew Pak Budi). Kopling berfungsi baik, extra fan berfungsi walau sering mati lagi dan harus di ketok2 agar hidup lagi .... serta overheating akibat radiator mampet karena lumpur yg mengering .... Saya bahagia sekali setelah kendaraan bisa berjalan lagi walaupun belum sempurna sekali, minimal ada harapan bisa keluar sendiri dari trek tanpa harus menyusahkan orang lain ....

Kita bergerak sekitar 1,9 Km dan berhenti di Jembatan ke-2 dimana kendaraan didepan masih ngantri untuk menyeberangi... Kita buka tenda lagi disitu ...

Hari itu rasanya panjaaaaang dan beraaat sekali baik buat Dadan dan saya ..... Medannya benar2 penuh tantangan yg berat, cuaca teriiik panas dan sentupan tawon yg ber-tubi2...

Kondisi camping di malam itu jauuuuh lebih baik dari pada malam sebelumnya .... Senangnya melihat tidak banyak lagi serangga mengganggu malam itu .... tawon2 juga sdh tidak ada ..... Kita bisa tidur nyenyak, apa lagi malamnya hujan yg lumayan deras ....

Bagun pagi hari, kita harus melalui obstacle kedua, dimana kita dihadapkan dengan trek mud bogger sepanjang sekitar 10 meter sedalam ban simex 35" setelah itu menanjak tajam yg naiknya harus dibantu 2 kendaraan diatas dan ditarik dgn doble lines....

Melihat lumpur saya jadi trauma khawatir masalah yg sama akan saya alami lagi gara2 mesin2 brebet krn koil-nya bermasalah .... Langsung koil diganti dgn cadangan pakai koil toyota kijang yg kita beli di Nanga Pinoh seharga Rp 450-an ribu .....

Cherokee Pak Hendro duluan lewat dgn baik, lalu giliran saya yg bisa melalui mud bogger itu walau berasa ada masalah lagi dikopling, kemudian naik keatas .....

Setelah sampai diatas, langsung kita semprot air supaya lumpurnya di kopling rontok, alhamdulilah kopling bisa berfungsi lagi dgn baik ..... Waaah senangnya ..... !!! Tapi overheating masih jadi masalah karena radiator tertutup lumpur ....

Jeep Pak Amak kembali bermasalah, mesin mati total dan winch juga macet sehingga harus ditarik keatas .... Untung Pak Syamsir datang kembali dari depan membantu menarik jeep pak amak ke atas ....  Teman2 disana kagum dgn cara Pak Syamsir dalam mengoperasikan cara winch mobil pak amak .... yg sampai triple line lewat sudut2 yg sangat kreatif .... Akhirnya mobil Pak Amak berhasil dinaikan .... dan langsung diperbaiki ....

Hari itu air minum sebagian besar peserta mulai habis padahal perjalanan masih jauh .... Untung Pak Tinus membawa alat suling air canggih buatan swedia (?) yg dibuat khusus buat mengatasi air bersih di Afrika seharga Rp 2,5 juta ..... Heri PJB Bandung membantu menyaring air sungai yg dimasukan ke dalam botol aqua besar dan dibagikan ke peserta2 yg kehabisan air minum.

Saya termasuk yg kehabisan akibat bocornya jerry can air minum saya, dan langsung kita minum air sungai yg terasa lebih nikmat dari aqua .....

Selain air minum, peserta juga mengalami masalah dgn BBM yg semakin menipis ..... Khususnya cherokee Pak Hendro yg tanki bensinnya bocor. Eggy berbaik hati memberikan bensin-nya buat Pak Hendro ....

Perjalanan di lanjutkan lagi ke obstacle terakhir di jalur itu yaitu jembatan runtuh yg ketiga .....

Treknya adalah jalan menurun, masuk sungai, lalu naik tanjakan yg tajam sekali dgn sisi yg sempit, dimana kiri dan kanan tidak ada tanah, seperti tangga yg kiri kanannya kosong ....

Saat menyeberangi sungai, ternyata ada 3  alternatif menyeberang, dimana yg paling kanan adalah yg paling dalam, dimana saya lihat sendiri, kap mesin sebelah kiri toyota Pak Tinus hampir kerendam air, kebayang kan dalamnya buat jeep saya yg lebih rendah dari toyota pak tinus.

Lalu ada jalur tengah yg lebih dangkal tapi msh lumayan dalam, yg diambil landy Pak Budi BR. Dan paling kiri yg kelihatannya dangkal dan lebih mudah diseberangi .... Saya putuskan mengambil jalur itu .... penyeberangan berlangsung lancar walau tetap dgn doble lines .... saya lakukan bertahap karena mesin mudah sekali overheating .... Haji Amak juga mengambil jalur yg saya ambil .....

Toyota Pak Tinus, Landy Pak Budi BR, dan Landy Acay naik duluan untuk nantinya menarik kendaraan kita ....

Jeep Pak Amak mulai ditarik, ternyata saat baru mulai ditarik mesin-nya mati, sehingga terpaksa ditarik pakai winch dari atas oleh Pak Budi BR dan Acay .... setelah melewati satu undakan dan menjelang sampai atas, kendaraan Pak Amak ditarik bareng2 pakai strap oleh Toyota Tinus, Budi dan Acay .....

Kendaraan saya juga diperlakukan sama, bedanya karena mesin saya masih hidup saya ditarik doble line oleh Landy Pak Budi ..... Lalu ketika mau mencapai puncak ditarik ramai2 seperti jeep pak amak .... Whuiiih .... operasi penarikan yg lumayan .... Kita selesaikan setelah magrib .....

Kita adalah rombongan terakhir  .... Kendaraan Pak Amak selanjutnya ditarik Tinus, dan kendaraan saya walau bisa jalan sendiri, tapi strap saya pasang ke Landy Pak Budi, krn kalau mesin overheating saya matikan dan ngandelin tarikan landy pak budi yg super  badak itu padahal landy pak budi hanya 2.500 CC dgn berat sekitar 3,5 ton !!! Landy yg luar biasa !!!!

Kendaraan terus jalan dan ditarik menuju Tumbang Mahop yg akan kita jadikan base camp ..... Kita menginap di rumah penduduk ... Malam itu nggak lama kita tiba semuanya langsung tidur (sekitar jam 21.00) nggak tahan capeknya .... Agak tengah malam, rombongan Pak Totok Kutu Lumpur, Eggy, Bambang Bintang Hore 4x4 datang ... Mereka tadi kita lewati saat Pak Totok memperbaiki koplingnya ....

Malam itu terasa nikmat karena sdh tidak ada lagi gangguan yg dahsyat dari serangga dan tawon2 .....

Lanjutannya nanti lagi ya ....

1 comment:

Anonymous said...

Hmm it sеems likе уour website ate my first cοmment
(it ωaѕ еxtremely long) so I guess ӏ'll just sum it up what I wrote and say, I'm thoroughly
enjoying youг blog. I toо am аn аspiring blog ωriter but I'm still new to the whole thing. Do you have any suggestions for inexperienced blog writers? I'ԁ ԁefinіtely аpρrecіatе it.



Also viѕit mу web site: Ρlattformlift Test
- -