Monday, December 28, 2009

H+15

Saya terbangun ketika hari mulai terang ... Saya lihat Dadan, navigator saya, juga masih duduk tidur di kursinya. Saya lihat kesekeliling, bbrp peserta sdh bangun dan asyik ngobrol satu sama lainnya tapi sebagian yg masih molor ya banyak juga ....

Kondisi tanah diluar lumayan becek dan berlumpur ... kita menikmati sekali pagi ini yang akan menjadi pagi terakhir perjalanan ini ....

Sebagian teman2 memasak pagi, walau umumnya cuman indomie saja ... Saya ikutan masak supermie, numpang di dandang masak Agus yg masih ada airnya .... Nyam .. nyam ... akhirnya saya bisa makan setelah hari kemarin puasa, cuman makan 2 potongan sosis dari Pak Adri ....

Jam 07.00 briefing dilaksanakan Pak Syamsir dgn isi info bhw trek hari ini tidak berat, hanya jalan travel, kita akan menuju lokasi penyeberangan dan akan menyeberang ke Muara Kaman atau Kota Bangun untuk menuju Samarinda sbg tujuan finish kita ....

Dalam perjalanan,saya ditugasin Pak Syamsir untuk mengawal Pak Rusmanhadi yg landy-nya tdk bisa kencang krn masalah dgn tie rod ....

Sekitar jam 12-an, kita tiba di lokasi penyeberangan, dimana di lokasi ini kita akan dijemput oleh kapal semacam Landing Ship Tank (pintu masuknya dari moncongnya), persis seperti LST milik militer .... Lokasi itu merupakan ladang jagung, dimana untuk menuju area tsb kita melewati trek yg agak2 offroad juga ....

Sambil menunggu kedatangan LST tsb, saya masak nasi pakai rice cooker, menghabiskan rendang padang yg saya bawa .... Sebagian lagi bakar jagung .....

Sekitar jam 12.30-an, si LST datang, terjadi negosiasi, satu kendaraan akan dikenakan biaya Rp 900 ribu untuk perjalanan sekitar 1,5 jam menuju Kota Bangun. Kita membatalkan tujuan Muara Kaman, karena perjalanan memakan waktu 3 jam, dan hanya ada 1 LST yg hanya muat 9 kendaraan, pdhl kita ada 18 kendaraan ... Terlalu lama kita menunggu dan biayanya juga pasti 2 x lipatnya ....

Saat mengantri masuk LST, sebenarnya posisi saya sudah termasuk paling depan dan pasti masuknya ... Cuman disitu terlihat aslinya karakter egois bberapa peserta yg langsung main potong tanpa perduli sistim antrian yg sdh ada ... Agak eneg juga sih ngelihat kelakuan seperti itu ...

Akibatnya, saya harus masuk kloter kedua .... Tapi saya sih malah senang ikut kloter kedua ... Kenapa? Karena suasana disitu sebenarnya asyiiik dan nyaman buat menunggu ketimbang menunggu di Kota Bangun, toh Tim keloter pertama tetap harus menunggu kita2 ....

Di keloter kedua ini ada Pak Rusmanhadi, Tim Landy (Pak Adri, Abi, Totong), Cherry, Jember, Bogel, dan Agus ....

Selama menunggu, pada masak2 ... persediaan simpanan pada dikeluarkan semua, saya termasuk kebagian makanan yg enak2 ... judulnya makan teruuus .... Jagung bakar dibakar lagi .... asyiiiknya, Uday (mekanik Cherry) dan Pak Abi mengeluarkan alat pancing dan sukses menangkap bberapa ikan yg kemudian dibakar dan disantap teman2 lainnya ....

Masakan paling enak adalah masakan crew Bogel (?) yg orang padang, masakannya uenaaak banget, sampai saya nambah bbrp kali .... Hari itu rasanya hari yg sangat menyenangkan untuk urusan makanan .... nyam ...nyam ...

LST kita tiba sekitar pukul 15.30 ... satu persatu kendaraan masuk .... Kita menikmati sekali perjalanan mengarungi sungai Mahakam yg lebar itu .... Sekitar 1,5 jam kemudian LST mendarat di Kota Bangun, terlihat jembatan megah yg dibangun jaman Gubernur Syaukani yg belum jadi .....

Dari sana kita jalan selama sekitar 30 menit, melalui pemukiman penduduk yg tinggal di rumah2 panggung yg tinggi2, sebelum akhirnya bertemu dgn rombongan Pak Syamsir yg menunggu.

Kita isi BBM, isi angin ban, dan makan malam (lagi ha5x) .... Rombongan saya, 3 landy, dan Agus ditinggal rombongan pak syamsir krn mereka hrs mengejar acara penutupan di Samarinda yg masih jauuuuh banget .....

Sekitar jam 20.00 kita start berangkat dengan posisi Agus, Adri, Abi, Totong, dan saya sebagai pengunci konvoy .... Perjalanan berlangsung cepat ....jalanan sempiiit sekali dimana kalau bertemu kendaraan lawan kita harus melambatkan kendaraan supaya tidak serempetan atau kita terlempar ke pinggir jalan .... Saya sebal sekali dgn jalan yg sempit dan berbahaya itu ....

Di tengah perjalanan, tie rod Landy Kornet kembali bermasalah, kayaknya lepas atau semacam seperti itu. Setelah diperbaiki dan ganti sopir (diganti oleh Ucok), perjalanan berlanjut tanpa henti hingga mendekati Samarinda, saya ngantuk yg luar biasa dan minta istirahat sejenak .... Kita istirahat 10 menit untuk kemudian lanjut lagi ....

Saat diperjalanan, kita diminta panitia untuk lebih cepat lagi agar bisa hadir sebelum acara penutupan berakhir. Maka kita gas pol kecepatan .... Sekitar jam 23.30, kendaraan saya memasuki halaman hotel Bumi Senyiur, Samarinda. Kita langsung masuk ke ruangan acara.

Saat itu tengah acara pembagian penghargaan2 .... Badan saya rasanya capek  dan ngantuk sekali ..... Makanya saya hanya duduk saja menikmati rasa ngantuk yg ada .... Nggak sadar nama saya dipanggil oleh Pak Syamsir untuk menerima award "Team Spirit" dalam event tsb karena usaha dan semangat untuk berusaha finish bersama rombongan didepan ....

Waah asli saya nggak nyangka sampai dapat award segala .... Sebenarnya yg paling berjasa ya Agus, kalau saja saya gak ketemu Agus,belum tentu saya bisa  gabung dgn rombongan ..... Terus yg paling pantas dapat award team spirit mungkoin Cherry karena dia juga berusaha mati2an finish ... Tapi cherry rupanya sdh dapat award lain sbg "the best driver" .... Ketika saya mendapat award ini saya kepikir eggy sama Jimboy yg sebenarnya juga lebih layak dapat award ini, sayang mereka nggak finish ....

Malam itu suasana penutupan sangat hangat dan santai, agak lebih enak dibanding acara2 sebelumnya, pdhl seluruh peserta capeknya ampun2 .....  karena begitu tiba langsung acara dimulai tanpa waktu buat istirahat lagi ....

Malam itu saya kehabisan kamar yg murah, yang ada yg harganya sekitar Rp 1,6 juta/malam, padahal sudah jam 01.00 dinihari, sehingga terpaksa ke hotel diseberang jalan dgn harga Rp 295 ribu. Malam itu tidur dgn nikmatnya dengan Dadan disamping saya ....


No comments: