Monday, December 28, 2009

H+14

Pagi hari sekitar jam 05.30 WIB atau 06.30 WITENG, saya terbangun dibangunin oleh Pak Syamsir yg kaget lihat saya sdh gabung di rombongan ....

Suasana pagi nyaman sekali, nggak ada tawon dan serangga seperti di trek jembatan rusak yg lalu ..... Pagi itu karena nggak ada air minum buat masak, saya nggak masak dan tidak makan .... Kecuali navigator saya yg akhirnya masak indomie ...

Saat  briefing pagi yg sdh lama saya nggak merasakan lagi, banyak pandangan teman2 yg kaget lihat penampakan saya disitu ....... Bingung, kapan dan bagaimana caranya bisa sampai disitu .... ha5x ..... Surpriiiiise ......   

Saat dibriefing, kami dikasih tahu pak syamsir bhw kita masih akan ketemu 3 obstacle yg berat pada hari itu ..... Di hari2 sebelumnya kayaknya rombongan hanya melalui jalan gravel biasa, dan baru hari ini akan ketemu lagi trek yg harus nge-winch .... Berarti 2-3 hari yg saya tdk ikutan rombongan pak syamsir gak terlalu rugi krn trek mereka juga trek ringan model jalan gravel biasa ...

Handy cap pertama adalah lobang yg besar sesaat keluar dari base camp, untuk melaluinya harus menggunakan jembatan aluminium yg dibawa  panitia. Karena saya paling belakang,  maka tugas saya membawa jembatan itu.

Di depan  saya persis adalah Landy Hornet pendek (kalau disana suka disebut Kornet), milik Pak Adri, yg dibawa sama Pak Totong, lalu didepannya lagi Landy Pak Abi, lalu Landy Pak Adri, jadi saya dibelakang rombongan landy.....

Handy Cap berikutnya kita wajib winch, treknya ada tebing berbentuk kotak yg dalam. Jadi, turun kebawah ... jalan bbrp meter, lalu ada tembok china setinggi sekitar 7-8 meter .... Awalnya peserta bingung bagaimana melewati tebing tersebut, namun dgn kecerdikan Pak Syamsir, tebing tsb dipangkas sedikit dgn pacul sehingga bisa dilalui .... Agak lama juga ngantri disini ....

Saya agak kesulitan menuruninya krn ternyata handle 4 wheel belum masuk sempurna sehingga hanya 2 wheel dan hanya ban depan saja, pantas koq rasanya susah sekali ....

Cuaca sangat teriiik sekali .....

Trek disana banyak alur air-nya, dan kriting, sehingga pantat jadi nggak nyaman sama sekali kalau lajunya kecepatan .....

handy cap berikutnya, kita melalui jalan yg terputus dan hanya ada satu jalur buat ban kiri, ban kanan dijatuhkan ke tebing agak miring kedalam, mayoritas kendaraan harus pakai winch, tapi kedua toyota Pak Anton Pontianak berhasil lolos dgn baik ..... Disini landy kornet pak totong tie rod-nya bengkok, sehingga harus diluruskan dulu ....

Handy cap berikutnya karena jalanannya terputus, pak syamsir membuat jalan alternatif melambung untuk melalui jalan tersebut, tidak ada winching disini, kecuali pada bbrp kendaraan karena salah ambil jalan ..... Landy2 sempat nyangkut disini, khususnya landy Hornet yg harus ditarik oleh kedua landy lainnya supaya bisa keluar ..... Gara2 masalah disini, landy2 ini agak lama keluarnya dan kayaknya jadi nambah masalah sehingga akhirnya menjadi rombongan yg terakhir sekali baru bisa keluar dikawal toyota agus yg juga menemani mitsubishi strada andika ....

Handy cap berikutnya karena ada jalan yg terputus lagi adalah melalui jalur alternatif, disini bisa tanpa winch, tapi Mitsubishi Strada Andika kelontang disini. Gara2nya, Ncek, sbg navigator kasih arahan agar Andika gas pol melalui tanjakan yg agak belok. Mungkin krn terlalu gas poll, kendaraan agak lompat dan jatuh di semak2 yg ternyata lobang sehingga terbalik miring .... Toyota Pak Anton yg kuat dan Toyota Agus melakukan recovery dgn baik ... Andika terlihat agak shock mengalami kelontang tsb .... Mistsubishi parkir karena ada perbaikan yg harus dilakukan ditemani agus ...

Disini saya tidak dibutuhkan lagi oleh Team Landy (ini sudah saya tawarkan), dan saya meninggalkan mereka bergabung ke depan ....  
Handy cap lanjut lagi dgn melewati tanjakan kecil lalu masuk ke handy cap yg agak berat yaitu ambil jalan lambung alternatif krn jalan terputus lagi ....

Saat saya masuk handy cap ini adalah saat magrib .... Saya sdh mulai was2 lagi ada apa2 .... Proses di handy cap ini sempat lambat karena Landy Pak Rusmanhadi mengalami masalah dgn tie rod-nya (putus?) ..... Setelah landy itu ditarik keluar, maka proses berjalan normal lagi .... Saya berhasil melalui trek ini dengan aman2 saja ....

Di trek ini, untuk naik-nya kedua toyota pak anton pontianak kayaknya satu2nya yg mulus naik tanpa winch .... sisanya kebanyakan nge-winch....  

Hari semakin gelap .... Kita melanjutkan perjalanan, setelah landy pak rusmanhadi bisa jalan lagi ....

Hujan tiba2 mengguyur dengan deras selama ber-jam2 .... jalanan semakin lucu di medan naik turun yg sangat tajam dan panjang ..... Saya nggak kebayang kalau hujan itu jatuhnya beberapa jam sebelumnya, kayaknya nggak akan semudah tadi kita keluar dari handy cap - handy cap yg tlh kita lalui ......

Perjalanan terhenti karena tie rod pak rusmanhadi putus, sehingga kita harus berhenti semua menunggu tie rod-nya dilas ..... Ada sekitar 2 jam kita menunggu di dalam kendaraan kita masing2 menunggu proses nge-las tie rod .... Perut lapar, sumpek dalam kendaraan krn diluar hujan deras membuat alternatif tidur menjadi alternatif terbaik ....

Saking lamanya, kalau nggak salah dari cerita Pak Rusmanhadi, beliau sempat mandi dgn menampung air dari tenda yg dipasang di saat proses nge-las berlangsung ....

Setelah selesai sekitar jam 23.00, konvoy rolling lagi .... Rombongan Landy dan Mitsubishi Strada belum kelihatan juga, kelihatannya mereka masih berjuang dibelakang dgn trek yg semakin tinggi derajad kesulitannya akibat hujan deras .....

Konvoy dilanjutkan untuk mencari base camp untuk bermalam .... sepanjang perjalanan, kita melalui area logging. Ada sekitar 2 ford ranger milik perusahaan logging yg ditolong dan ditarik oleh ford rombongan karena kayaknya mereka 2wheel dan jadi tidak berdaya di medan trek yg jadi licin .....

Sekitar jam 23.00, Pak Syamsir menemukan pertigaan jalan yg lebar, dan diputuskan jadi base camp dipinggir jalan itu .... Entah karena hujan deras yg terus berlangsung dan becek, atau sudah kelelahan, mayoritas tidak ada yg bikin tenda, semuanya tidur didalam mobil .... Paling hanya peserta luar negeri, Pak Rusmanhadi, Cherry, dan Landy yg buka tenda .... sisanya sudah males semua ... ha5x .... Saya sendiri sdh nggak perduli lagi, dgn perut lapar, saya tidur pules duduk dikursi sampai pagi ... Nggak perduli untuk masak walau Acung (crew cherry) sdh kasih sebotol aqua besar buat masak .....

No comments: